SELAMAT MENGEJAKAN!
1. (1.) Tak berlebihan jika sastrawan
Ramadhan K.H melukiskan tanah Sunda lewat novelnya Priangan si Jelita. (2.)
Betapa tidak, sepanjang mata memandang yang tampak adalah keindahan alam yang
tak putus-putusnya. (3.) Mulai keasrian kebun teh di kawasan puncak,
keromantisan suasana kota Bandung, hingga keeksotisan Pantai Pangandaran. (4.)
Belum lagi seni budayanya yang beragam. (5.) Keelokan tanah Sunda memeng
sungguh luar biasa.
Pernyataan
umum dalam paragraph tersebut terdapat dalam kalimat nomor...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
2. 1.
Mencari dan menemukan suatu informasi secara cepat.
2. untuk
memantapkan pemahaman isi paragraph pertama .
3. menyerap ilmu
pengetahuan secara cepat.
4. mengetahui
pendapat orang (opini).
5. menyelesaikan
berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan membaca secara cepat.
Manfaat/keuntungan membaca cepat adalah...
a.
2 dan 4
b.
1, 3, dan 5
c.
2, 3, dan 4
d.
1
dan 4
e.
1, 4, dan 5
3.
Mencari pokok isi bacaan merupakan hal
yang harus dilakukan. Pokok-pokok isi bacaan biasanya tersebar dalam
paragraph-paragraf. Pokok-pokok tersebut juga dikenal dengan istilah pokok
pikiran, pikiran utama, atau ide pokok. Setiap paragraph hanya memuat satu
pokok pikiran. Pokok pikiran tersebut biasanya didukung oleh beberapa kalimat
sebagai pikiran penjelasnya.
Cara
praktis untuk menentukan pokok pikiran, kecuali...
a. Cari
pernyataan umumnya.
b. Pernyataan
umum didukung kalimat penjelasnya.
c. Membaca
dengan seksama untuk mendapatkan pemahaman.
d. Jangan
menggerakkan bibir untuk melafalkan kata yang dibaca.
e.
Jika pokok pikiran mudah ditemukan,
bacalah dengan kecepatan tinggi.
4.
Hal itu terlihat dari filsafat wayang
yang sarat dengan pesan-pesan moral yang tidak lagi menyentuh hati nurani
penontonnya. Mereka lebih tertarik dengan penampilan para pelawak dan penyanyi
dangdut yang disisip dalam adegan-adegan limbuk
cangik dan goro-goro. Acara hiburan ini berlangsung sampai berjam-jam.
Sesudah itu, penonton banyak yang meninggalkan arena pertunjukan. Adapun sisa
waktu yang tinggal sedikit tidak cukup untuk membentangkan jalannya cerita
wayang sesuai lakon yang dipergelarkan. Akibatnya, pertunjukan wayang
kehilangan intisarinya sebagai tuntunan hidup, dan hanya sebagai tontonan yang
kurang berbobot.
Isi pokok
kutipan bacaan di atas adalah ...
a. Filsafat
wayang yang sarat dengan pesan-pesan moral dirusak dengan selingan hiburan.
b. Acara
hiburan ini berlangsung sampai berjam-jam dan sesudah itu penonton banyak yang
meninggalkan arena pertunjukan.
c. Pertunjukkan
wayang kehilangan intisarinya sebagai tuntunan hidup dan tinggal sebagai
tontonan yang kurang berbobot.
d.
Sisa waktu yang tinggal sedikit tidak
cukup untuk membentangkan jalannya cerita sesuai dengan lakon yang
dipergelarkan.
e.
Penonton lebih tertarik dengan
penampilan para pelawak dan penyanyi dangdut.
5.
Bacalah dengan seksama langkah-langkah di bawah ini!
1. Bacalah teks
dalam hati
2. bacalah
secara cepat judul bacaan
3. sesuatu atau
hal yang dibicarakan
4. bacalah
paragraph terakhir
5. persoalan
yang diungkapkan
6. bacalah semua
paragraph dalam bacaan
Berikut ini
merupakan langkah-langkah ketika membaca cepat adalah ...
a.
1, 2, 4, dan 6
b.
2, 3, 5, dan 6
c.
1, 3, 4, dan 5
d.
3, 4, 5, dan 6
e.
2, 3, 4, dan 5
6.
Lautan Indonesia adalah sumber
kehidupan. Koes Plus menyebutnya “kolam susu”. Negeri ini memang kaya sumber
daya kelautan yang seharusnya menyejahterakan. Bayangkan, luas laut 5,8 juta
kilo meter persegi menyimpan 6,26 juta ton ikan. Nelayan boleh menangkap 5,01
juta ton per tahun. Belum lagi, hamparan garis pantai sepanjang 8.100 kilometer
yang kaya untuk budidaya payau dan laut.
Ironisnya,
hingga kini masih tercatat 32% dari 16,42 juta jiwa masyarakat pesisir hidup di
bawah garis kemiskinan. Mereka tersebar di 8.070 desa pantai minim listrik, air
bersih, saluran telekomubikasi, dan aspal.
Tentu
saja, kemiskinan tidak dapat dengan mudah diatasi dalam waktu singkat.
Bagaimanapun juga, pengentasan kemiskinan tidak dapat dengan mudah diatasi
dalam waktu singkat. Kebijakan infrastruktur harus diakui belum menjangkau
pesisir secara bermakna.
Simpulan tajuk
rencana di atas adalah…
a.
Potensi sumber daya kelautan Indonesia
sangat besar.
b.
Masih banyak rakyat Indonesia yang hidup
di bawah garis kemiskinan.
c.
Upaya mengentaskan kemiskinan memerlukan
waktu dan kerja keras.
d.
Mengatasi kemiskinan sangat sulit.
e.
Negeri bahari yang kaya raya semestinya
harus dapat menyejahterakan rakyat.
7.
Lautan Indonesia adalah sumber
kehidupan. Koes Plus menyebutnya “kolam susu”. Negeri ini memang kaya sumber
daya kelautan yang seharusnya menyejahterakan. Bayangkan, luas laut 5,8 juta kilo
meter persegi menyimpan 6,26 juta ton ikan. Nelayan boleh menangkap 5,01 juta
ton per tahun. Belum lagi, hamparan garis pantai sepanjang 8.100 kilometer yang
kaya untuk budidaya payau dan laut.
Gagasan pokok
kutipan tajuk rencana di atas terletak dalam kalimat…
a.
2
b.
3
c.
4
d.
5
e.
1
8. 1. Tajuk rencana yang menginterpretasikan
2. tajuk
rencana yang mempermaslahkan
3. tajuk
rencana yang memperjuangkan
4. tajuk
rencana yang mengintimidasi
5. tajuk
rencana yang menjelaskan
Tentukan
empat dari tujuh jenis tajuk rencana dilihat dari tujuan penulisannya, kecuali...
a.
(1)
b.
(4)
c.
(3)
d.
(2)
e.
(5)
9.
Masalah keamanan dan kemacetan arus lalu
lintas harus tetap diwaspadai oleh para pemudik yang melewati jalur Pantai
Utara (Pantura). Kemacetan semakin parah dengan adanya pasar tumpah di
sepanjang Utara Jawa.
Dilihat dari
tujuan penulisannya, kutipan tajuk rencana di atas termasuk jenis apa...
a.
Tajuk rencana yang menginterpretasikan.
b.
Tajuk rencana yang menggerakkan.
c.
Tajuk rencana yang memperjuangkan.
d.
Tajuk rencana yang mempermasalahkan (fakta,
peristiwa, isi) agar mendapat perhatian dari pihak-pihak tertentu.
e.
Tajuk rencana yang menjelaskan.
10.
Hari Pers Nasional 2007 dirayakan dengan
mengadakan refleksi. Refleksi ini sangat tepat dengan mengusung fakta pers
sebagai media. Secara idealistic posisi pers ditegaskan sebagai bagian dari
solusi. Keberadaan itu sangatlah dirasakan, dengan contoh aktual ketika terjadi
bencana tsunami di Aceh dan Nias dua tahun lalu, gampa bumi di Yogyakarta dan
Jawa Tengah, luapan lumpur panas Lapindo Brantas, dan sekarang banjir besar
yang melanda Jakarta. Setidak-tidaknya termuat pesan dasar: menginformasikan
dan mengkomunikasikan.
Fakta yang
terdapat dalam penggalan tajuk rencana di atas terdapat dalam kalimat
a.
1
b.
2
c.
5
d.
3
e.
4
11. (1.)
Jika kesehatan di desa-desa kuat maka ketahanan masyarakat juga kuat. (2.)
Begitu penegasan Menteri kesehatan tentang dasar program Warung Obat Desa
(WOD). (3.) Di desa-desa, lanjutnya yang menjadi ujung tombak kesehatan adalah
bidan. (4.) Selain bertugas menanganni
dan melayani ibu-ibu hamil, bidan juga memberikan pelayanan kesehatan
lain. (5.) Beban itu terlalu berat maka perlu tenaga lain yang membantu.
Opini dalam
paragraph di atas terdapat dalam kalimat nomor ...
a.
(1) dan (3)
b.
(1) dan (2)
c.
(1) dan (5)
d.
(2) dan (4)
e.
(3) dan (5)
.12. 1)
mendaftar pokok-pokok pikiran isi buku
2) membuat rangkuman seluruh isi buku
3) bacalah isi bagian buku dengan intensif
4) melakukan survey buku melalui survey bab
5) mendiskusikan rangkuman untuk mendapatkan
masukan dari teman.
Hal yang perlu
dilakukan sebelum membuat rangkuman isi buku adalah…
a.
1) dan 5)
b.
2), 4), dan 1)
c.
5), 3), dan 4)
d.
5), 1), dan 2)
e.
1) dan 4)
13. Manusia
dan lingkungan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Lingkungan yang
bersih, sehat, dan indah akan member rasa nyaman kepada manusia. Lingkungan
nyaman seperti ini hanya dapat tercipta jika manusia yang tinggal di dalamnya
memiliki rasa peduli terhadap lingkungannya sendiri. Di sisi lain, pesatnya
peradaban manusia, ilmu pengetahuan, dan theknologi ternyata menimbulkan
masalah bagi lingkungan. Salah satu masalah lingkungan dalam hidup manusia
adalah masalah sampah. Kegiatan-kegiatan manusia ini tentu saja akan
menghasilkan sampah.
Yang menjadi
pokok ringkasan isi buku di atas adalah….
a.
Lingkungan yang bersih, sehat, dan indah
akan memberi rasa nyaman kepada manusia.
b.
Hubungan antara manusia dan lingkungan
adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.
c.
Salah satu masalah lingkungan dalam
hidup manusia adalah masalah sampah.
d.
Kegiatan-kegiatan manusia ini tentu saja
akan menghasilkan sampah.
e.
Lingkungan nyaman seperti ini hanya
dapat tercipta jika manusia peduli terhadap lingkungannya.
14. Saat
kita menggunakan bahan bakar fosil, terbentuklah gas yang mengotori udara.
Tumpahan minyak membahayakan pantai dan satwa. Tambang batu bara merusak daerah
pedalaman yang luas. Energy nuklir menciptakan limbah berbahaya. Namun, masalah
terbesarnya adalah bahan bakar fosil mulai habis. Kita harus mencari sumber
energy yang lain.
Tumpahan
minyak dapat menutupi pantai dan membunuh burung. Kapal tanker raksasa
mengangkut jutaan liter minyak ke seluruh dunia. Kecelakaan dapat menyebabkan
minyak tumpah. Sekarang semua kapal tanker baru harus memiliki dua lambung. Ini
berarti lebih sedikit kemungkinan terjadi tumpahan minyak.
Hal yang
perlu diperhatikan dalam membuat ringkasan isi buku, kecuali…
a.
Urutan isi sesuai dengan yang terdapat
dalam buku yang diringkas.
b.
Survey bab, berarti kita membaca bab-bab
yang ada.
c.
Pikiran-pikiran pokok dirangkai menjadi
paragraph-paragraf yang baik.
d.
Kemukan sejumlah pertanyaan untuk menangkap
isi atau pokok-pokok pikiran bagian-bagian.
e.
Apabila buku yang diringkas terdiri dari
banyak bab, di dalam ringkasan dapat ditemukan pada bab ke berapa yang memuat
pikiran-pikiran pokok.
15. (1.)
Bentuk penyajian singkat dari suatu karangan asli. (2.) Bacalah kata pengantar,
jika buku yang anda baca mempunyai kata pengantar. (3.) Mempertahankan urutan
pembahasan dan sudut pandang pengarang atau penulisnya. (4.) Tetap
memperhatikan perbandingan bagian atau bab dari karangan asli. (5.) Temukan
pokok pikiran atau gagasan utama di setiap bab atau bagian.
Syarat ringkasan
atau rangkuman isi buku adalah…
a.
(2), (5), dan (1)
b.
(5) dan (4)
c.
(1), (3), dan (4)
d.
(2) dan (3)
e.
(1), (2), dan (5)
16.
(1.) Bacalah daftar isi. (2.) Bacalah
kata pengantar, jika buku yang dibaca mempunyai kata pengantar. (3.) Cermatilah
judul buku dan pengarang. (4.) Temukan pokok pikiran di setiap bab. (5.)
Urutkan rumusan kalimat-kalimat dari bab pertama hingga terakhir. (6.)
Cermatilah judul tiap-tiap babnya.
Urutan
langkah-langkah membuat rangkuman yang tepat adalah….
a. (3),
(2), (1), (6), (4), dan (5)
b. (2),
(6), (3), (1), (5), dan (4)
c. (1),
(3), (2), (4), (6), dan (5)
d. (6),
(5), (3), (4), (2), dan (1)
e.
(5), (4), (6), (1), (3), dan (2)
17.
Notulen
Rapat
Rapat
Pembentukan Panitia Peringatan 17 Agustus 2011
Hari,
tanggal : Rabu, 1 Agustus 2011
Tempat : Ruang OSIS SMA Budi Luhur
Waktu : pukul 13.00-14.30 WIB
Dinamakan
apa bagian dari notulen di atas …
a.
Identitas rapat
b.
Susunan acara
c.
Jalannya rapat
d.
Hasil rapat
e.
Nama rapat
18.
1.) daftar hadir peserta, 2.) sifat
rapat, 3.) tempat dan waktu rapat, 4.) nama badan atau lembaga penyelenggara
rapat, 5.) tujuan rapat, 6.) daftar pertanyaan dalam rapat.
Notula
yang lengkap berisi…
a. 1, 2, 3,
4, 5, dan 6
b. 2, 3, 4,
dan 5
c. 1, 3, 5,
dan 6
d. 2, 1, 6,
dan 4
e. 6, 5, 3,
dan 2
19. (1.)
susunan acara
(2.)
jalannya rapat
(3.)
identitas rapat
(4.)
hasil rapat
(5.)
nama rapat
Sistematik yang
tepat untuk sebuah notula berdasarkan unsure-unsur notula di atas adalah…
a. (2),
(4), (1), (3), dan (5)
b. (1),
(3), (4), (2), dan (5)
c. (5),
(2), (3), (4), dan (1)
d. (5),
(3), (1), (2), dan (4)
e.
(4), (1), (5), (2), dan (3)
20. 1.) mencatat jalannya rapat serta
hasil yang dicapai, 2.) mempersilakan peserta rapat untuk berpendapat, 3.)
menilai pendapat yang bagus dan yang kurang bagus, 4.) mencatat pendapat yang
bisa diterima, 5.) ikut mendukung pendapat yang masuk akal.
Kegiatan
yang termasuk tugas notulis adalah…
a.
(2) dan (4)
b.
(5) dan (1)
c.
(1) dan (4)
d.
(1) dan (3)
e.
(2) dan (3)
21. Usulan
I
Bagaimana
jika kegiatan pentas seni kreasi siswa dilaksanakan bersamaan dengan hari ulang
tahun sekolah?
Usulan
II
Agar
menghemat waktu dan biaya, sebaiknya kegiatan pentas seni kreasi siswa
diselenggarakan bersama kegiatan tengah semester.
Usulan
III
Sekolah
kita sudah memprogramkan kegiatan pentas seni, kegiatan tengah semester, bulan
bahasa, dan hari ulang tahun sekolah. Bagaimana jika kegiatan-kegiatan itu
digabungkan dalam satu waktu agar tidak berkali-kali mengeluarkan biaya.
Kalimat
keputusan rapat dalam notulen yang sesuai dengan usulan-usulan di atas adalah…
a. Setiap
kegiatan memiliki cirri dan anggaran sendiri dan akan diselenggarakan sesuai
dengan waktu yang telah direncanakan.
b. Pentas
seni kreasi siswa tidak dapat digabungkan dengan acara lain karena kegiatan itu
memerlukan waktu yang lama.
c. Kegiatan
bulan bahasa menjadi salah satu kegiatan tengah semester ganjil. Ulang tahun
sekolah dan pentas seni kreasi siswa akan diadakan di waktu lain.
d. Kegiatan
pentas seni kreasi siswa merupakan kegiatan yang dapat diselenggarakan untuk
mengisi kegiatan tengah semester ganjil.
e.
Kegiatan tengah semester bertepatan
dengan hari ulang tahun sekolah. Dengan demikian, akan diisi dengan kegiatan
pentas seni dan bulan bahasa agar menghemat waktudan biaya.
22.
1.) Latar belakang masalah, 2.) rumusan
masalah, 3.) tujuan penulisan, 4.) manfaat penulisan, 5.) metode penelitian,
6.) sistematika penulisan
Ke enam unsur di
atas termasuk pada bagian…
a.
Pembahasan
b.
Pengumpulan data
c.
Pendahuluan
d.
Penutup
e.
Penyuntingan
23.
1. Latar belakang
2. Pendahuluan
3. Kesimpulan
4. Tujuan
5. Pembahasan
Urutan yang
tepat berdasarkan unsur-unsur karya tulis di atas adalah…
a.
1), 2), 3), 4), dan 5)
b.
2), 3), 4), 5), dan 1)
c.
3), 4), 5), 1), dan 2)
d.
1), 3), 5), 2), dan 4)
e.
2), 1), 4), 5), dan 3)
24.
1. Tahap pengumpulan data
2. Tahap
penulisan
3. Tahap
persiapan
4. Tahap
penyunting
Susunan
tahap-tahap menulis karya ilmiah yang tepat adalah…
a.
2, 3, 1, dan 4
b.
3, 1, 2, dan 4
c.
1, 4, 2, dan 3
d.
4, 3, 1, dan 2
e.
1, 2, 3, dan 4
25.
1. Bagaimana proses penyerangan hama ulat api pada kelapa sawit?
2. bagaimanakah
pengendalian hama ulat api pada kelapa sawit dengan virus?
Dua kalimat
pertanyaan di atas dalam karya ilmiah termasuk ke dalam…
a.
Latar belakang
b.
Tujuan
c.
Manfaat penelitian
d.
Rumusan permasalahan
e.
Landasan teoritis
26. Potensi
pengembangan buah-buahan di Indonesia, khususnya buah-buahan tropika sangat
tinggi. Kelapa sawit merupakan sebagian dari komoditas buah yang mendapat
prioritas untuk dikembangkan. Akan tetapi, dalam pengembangannya menghadapi
berbagai kendala, antara lain adalah produktivitas yang masi rendah.
Rendahnya mutu dan produktivitas tersebut disebabkan
oleh serangan organism pengganggu tumbuhan (OPT). OPT tersebut menyerang sejak
di pertanaman sampai di penyimpanan. Selain itu, rendahnya mutu dan
produktivitas disebabkan oleh teknik budidaya yang kurang memadai.
Dalam susunan
karya ilmiah, dua paragraph di atas termasuk ke dalam…
a.
Rumusan permasalahan
b.
Tujuan
c.
Latar belakang
d.
Manfaat penelitian
e.
Landasan teoritis
27.
Salah satu tahap yang perlu dikerjakan
dalam menulis karya ilmiah adalah mendaftar hal-hal yang perlu ditulis
berdasarkan topic yang dipilih.
Berikut ini
merupakan hal-hal yang perlu ditulis berdasarkan topik yang dipilih, kecuali…
a. Melengkapi
karya tulis ilmiah dengan daftar pustaka.
b. Penulis
perlu gemar membaca dengan bacaan yang bervariasi.
c. Penulis
perlu memunculkan ide-ide baru yang kreatif.
d. Topic
yang dipilih harus jelas dan menarik.
e. Penulis
berani berpikir berbeda atau memiliki pandangan lain.
28.
Susi
Susanti
Peraih
Emas Pertama Olimpiade
Para penggemar olah raga bulutangkis
pasti tidak asing dengan Susi Susanti. Dia dapat dikatakan sebagai maestro bulu
tangkis wanita Indonesia yang memiliki prestasi mengagumkan sepanjang
kariernya. Masa keemasannya di dunia bulu tangkis berlangsung cukup panjang.
Semua prestasi yang diraihnya berpuncak pada Olimpiade Barcelona, Spanyol,
1992. Kala itu, Susi Susanti berhasil meraih medali emas. Itu sekaligus
merupakan medali emas pertama yang berhasil diraih Indonesia di ajang olahraga
tingkat dunia itu.
Hal
yang dapat diteladani dari tokoh Susi Susanti adalah…
a. Kiprah
Susi Susanti di dunia olah raga bulu tangkis Indonesia.
b. Menjuarai
olimpiade bulu tangkis internasional.
c. Meraih
medali emas di olimpiade bulu tangkis Barcelona, Spanyol.
d. Susi
Susanti sebagai maestro bulu tangkis wanita Indonesia.
e. Semangat
mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui prestasi di bidang olahraga.
29. Bung Hatta mengundurkan diri dari jabatan Wakil Presiden pada
tanggal 1 Desember 1956. Di masa Orde Baru, beliau turut merumuskan tuntunan
pangamalan Pancasila. Hasil pemikirannya terletak pada pasal 33 UUD 1945, yakni
mengamanatkan agar perekonomian Indonesia bertulang punggung pada koperasi.
Itulah sebabnya, selain mendapat gelar proklamator, Bung Hatta juga disebut
sebagai bapak koperasi. Tokoh besar yang senantiasa dekat dengan rakyat ini
meninggla di Jakarta tanggal 14 Maret 1980. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman
umum, Tanah Kusir Jakarta Selatan, sesuaidengan wasiat yang disampaikan kepada
kelurganya.
Hasil refleksi tokoh
Bung Hatta dalam biografi di atas adalah…
a. Bung
Hatta disebut sebagai Bapak Koperasi Indonesia.
b. Menjadi
termotivasi untuk turut andil dalam mengembangkan koperasi sekolah.
c. Moh.
Hatta sebagai pencetus proklamasi 17 Agustus 1945.
d. Usaha
keras untuk mengamanatkan agar perekonomian Indonesia bertulang punggung pada
koperasi.
e. Bung
Hatta menjabat sebagai Wakil Presiden di massa Orde Baru.
30.
1.) Tandailah bagian-bagian yang ingin
diperoleh dari biografi.
2.) Tentukan
tujuan membaca biografi
3.)
Kutiplah bagian yang mengandung tentang sesuatu yang ingin diperoleh dari
biografi.
4.) Bacalah
dengan cermat dan mendalam biografi yang dibaca.
5.)
Berdasarkan kutipan tersebut, ungkapkan kembali dengan menggunakan bahasa
sendiri.
Berikut ini
sistematik kiat-kiat mengungkapkan hal-hal menarik adalah…
a.
4), 2), 1), 3), dan 5)
b.
1), 5), 3), 4), dan 2)
c.
3), 4), 5), 2), dan 1)
d.
2), 4), 1), 3), dan 5)
e.
5), 3), 1), 2), dan 4)
31.
Kemiripan antar tokoh yang satu dengan tokoh yang lain saat membaca biografi
sangat mungkin terjadi. Kemiripan itu dapat terjadi pada satu atau beberapa
aspek.
Berikut ini
merupakan aspek kemiripan, kecuali…
a.
Prestasi karier dalam dunia
pekerjaan
b.
Masalah yang dihadapi dan cara
pemecahannya
c.
Bentuk fisik dan materi
d.
Latar belakang pendidikan
e.
Latar belakang keluarga
32. …disamping itu, ia menciptakan metode inovatif
pelatihan prajurit yang kurang pengalaman lapangan. Peserta yang lulus, dari
pelatihan ini memperoleh lencana, Fleur-de-lys yang simbolnya digunakan sebagai
lambing organisasi pandu di kemudian hari.
Dikutip
dari Lord Baden Powell:
Mengubah
Dunia melalui Generasi Muda
Hal menarik yang
diungkapkan dalam biografi di atas adalah…
a.
Temuannya
b.
Kegagalannya
c.
Latar belakang keluarga
d.
Kemampuannya mengatasi masalah
e.
Latar belakang pendidikan
33. 1.
Anonim (tidak ada nama pengarang)
2. Karya
sastra yang mencerminkan budaya masyarakat
3.
Disampaikan dari mulut ke mulut
4.
Statis dan menceritakan kehidupan masyarakat lama berupa kisah-kisah raja
(istana sentries)
5.
Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia
6.
Menggunakan bahasa Melayu
Yang
merupakan cirri-ciri hikayat berdasarkan pernyataan di atas adalah…
a. 2, 3, 5,
dan 6
b. 1, 5, 4,
dan 2
c. 1, 3, 4,
dan 6
d. 3, 5, 6,
dan 2
e.
4, 2, 1, dan 5
34.
“ Boleh, Bunda ya? Rayu Tita
“ Ngga. Pokoknya
sekali ngga, tetap ngga.
Tita kan ngga
pernah keluar rumah, lagi pula acara kembang api kan cuma ada setahun sekali.
Boleh ya Bunda?”
(Penggalan
novel Eiffel…I’m in Love)
Berikut ini
penjelasan yang tepat mengenai unsure ekstrinsik penggalan novel tersebut…
a. Menggambarkan
budaya matrealistis keluarga kaya.
b. Menggambarkan
budaya keakraban antara orang tua dengan anak.
c. Menggambarkan
budaya kebebasan bagi anak dan orang tua.
d. Menggambarkan
budaya masyarakat metropolis merayakan pergantian tahun dengan menggelar acara
kembang api.
e.
Menggambarkan budaya mengekang kebebasan
anak.
35. Tiba-tiba
saja Suno Lompo merasa kesepian di pulau kecil tak bernama yang letaknya sangat
terpencil di Sulawesi Selatan. Tiba-tiba saja, ia begitu merindukan kampong
halamannya dan masa lalunya. Padahal, sudah lebih lima belas tahun, ia menetap
di pulau tersebut.
Latar kutipan
novel di atas adalah…
a. Kampong
halaman
b. Pulau
kecil tak bernama di Sulawesi Selatan
c. Salah
satu kota di Sulawesi Selatan
d. Salah
satu kampong di Sulawesi Selatan
e.
Pulau kecil tak bernama di Kalimantan
Selatan
36. Maka kata Kabayan itu, “Adalah seorang raja di negeri
Istambul, terlalu amat besar kerajaan Baginda itu. Maka adalah nama raja itu
Kilan Syah dan istrinya baginda itu bernama Tuan Putri Nur Zainun, anak raja di
negeri Kastambar, ada dengan menterinya bernama Mangkubumi. Adapun akan raja
itu ada berputra seorang laki-laki, terlalu amat baik parasnya. Maka dinamai
oleh Baginda akan anakanda itu Raja Johan Rasyid. Maka Raja Johan Rasyid itu
pada lahirnya terlalu sangat bijaksana. Maka adalah umurnya baharu empat belas
tahun. Maka dengan takdir Allah Subhanahu Wata’ala, ayahanda Baginda itupun
geringlah terlalu amat sangat. Maka segala wazir dengan segala orang
besar-besar dan bentara dan penggawa di negeri itupun, bertunggulah
masing-masing kepada tempatnya serta dengan duka citanya akan Raja Kilan Syah
gering itu.
Unsure ekstrinsik yang terdapat dalam
kutipan hikayat di atas adalah…
a.
Latar social
b.
Latar adat
c.
Latar ekonomi
d. Latar
keagamaan
e. Latar
budaya
37. Mentari
yang tidak siap mendapat cacian dari Roberto berusaha menahan diri. Ia tahu
pemuda itu menjadi sangat emosi karena merasa begitu kehilangan calon istri.
“
Roberto! Jaga mulutmu!”…
Tanpa disangka tiba-tiba Roberto mengayunkan
tangannya kea rah Johanes. Mentari menjerit sambil menutup wajahnya dengan
telapak tangan. Suasana jadi gempar, semua jadi menjerit sambil menutup
wajahnya dengan telapak tangan. Suasana jadi gempar, semua jadi merubung
Roberto yang terus menghujam pukulan kea rah Johanes…
Dua hari kemudian, tiba-tiba orang tua Roberto
dating ke puskesmas untuk minta maaf
kepada Johanes dan Mentari atas sikap Roberto. Roberto juga tampak
menyesali tindakanya.
Nilai moral yang
terkandung dalam kutipan novel di atas adalah…
a.
Karena sangat emosi boleh memukul orang
lain.
b.
Harus dapat menahan diri kalau dicaci
seseorang.
c.
Berani mengakui kesalahan dan minta
maaf.
d.
Segera melerai bila melihat orang
berkelahi.
e.
Menyesal karena kehilangan calon istri.
38. Walau
apa katamu terhadapku, walau kau caci maki aku, kaukutuki aku, aku terima.
Tapi, untuk membiarkan Masri dan Arni hidup sebagai suami istri, padahal Tuhan
telah melarangnya, o…o…o…, itu telah melanggar prnisip hidup setiap orang yang
percaya pada-Nya. Kau memang telah berbuat sesuatu yang benar sebahai ibu yang
mau memelihara kebahagiaan anaknya. Tapi, ada lagi kebenaran yang lebih mutlak
yang tak bisa ditawar-tawar lagi, Iyah, yakni kebenaran yang dikatakan Tuhan
dalam kitab-Nya. Prinsip hidup segala manusialah menjunjung kebenaran Tuhan.
Unsure
ekstrinsik yang terdapat dalam kutipan novel di atas adalah…
a.
Religi
b.
Adat
c.
Budaya
d.
Social
e.
Ekonomi
39.
1. Tiap-tiap kata harus diucapkan
dengan jelas.
2. Membaca naskah drama, khususnya pada tokoh
yang akan diperankan secara berulang-ulang.
3.
Tekanan tinggi rendahnya pengucapan suatu kata dalam kalimat (tekanan nada)
4.
Mengamati orang-orang yang memiliki watak seperti dengan tokoh yang hendak
diperankan.
5.
Jika tidak ada, pemain dapat melihat foto-foto, cerita, sejarah atau sumber
lain.
6.
Tekanan keras lembutnya pengucapan (tekanan dinamik)
7.
Berlatih memerankan tokoh
Hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam menjiwai tokoh dengan baik adalah…
a.
1, 2, 6, dan 4
b.
3, 5, 7, dan 1
c.
5, 6, 7, dan 2
d.
4, 1, 6, dan 5
e.
2, 4, 5, dan 7
40. Bu Mi : Ya, ngapain ke sana. Cuma melihat kanguru.
Sudah ada tuh, di sini, di kebun binatang. Mengapa mesti ke sana?
Pak Haris : Alasan rematik, alas an kanguru, orang
tidak punya tabungan saja berlaga.
Bu Mi : Siapa tahu ada orang yang mengongkosi.
(Dikutip dari ‘Drama Ramalan 96;
Tabloid Nova, 17 Des 1995)
Watak
tokoh Bu Mi adalah…
a.
Penurut
b.
Penghayal
c.
Pemalu
d.
Pembangkang
e.
Pemarah
41.
Pengemis : Pak! Bu! Minta nasinya, saya lapar dan
haus, Pak!
Undangan :
(sambil membentak) Keluar sana! Di
sini tidak ada nasi. Dasar pengemis.
Pengemis :
Saya lapar dan haus. Berilah saya sedikit air.
Anak : Jangan kalian bentak dia!
Sapalah dia dengan kata-kata yang menyejikkan hati.
Undangan : Kau hanya menyusahkan, keluar! Kalau
tidak, kupukul kau!
Ekspresi tokoh
Undangan dalam kutipan drama di atas adalah…
a.
Tenang
b.
Sabar
c.
Heran
d.
Marah dan emosional
e.
Sedih dan menangis
42. Siti : “Pak Bagas memang guru sejati. Mau
melibatkan diri dengan problem anak-anaknya. Dia sungguh seperti bapakku
sendiri.”
Rahmad : “Dia seorang bapak yang melindungi,
sifatnya lembut seperti seorang ibu…”
Armen : “Bagaimana kalau dia kita juluki, Pak
Bagas sang Penyelamat…”
Semua : “Setuju!”
Watak
Pak Bagas sesuai dengan kutipan naskah drama di atas adalah…
a. Lembut
b. Baik
hati
c. Penyelamat
d. Setia
e. Pengertian
43. Herman : Heh, cari barang rongsokan, ya?
Yanti : (Terkejut)
Ah, Herman, jadi terkejut aku!
Herman : Jalan
kok, menunduk saja, sedang mencari barang-barang bekas?
Yanti : Ah, ada-ada saja kamu. Masak iya jalanku
seperti orang mencari barang-barang bekas? Kalau begitu, tolong Her, ambilkan
keranjang untuk rongsokan. (Tertawa riang) Hi…hi…hi!
Berdasarkan
cuplikan di atas, karakter Herman adalah…
a. Suka
bercanda
b. Suka
menghina
c. Suka
memuji
d. Suka
marah
e. Suka
melucu
44. Unsur-unsur intrinsik yang ada pada
dialog soal nomor 42 di atas adalah.....
a. Tokoh
dan latar
b. Tokoh
dan penokohan
c. Alur dan
tema
d. Alur dan
amanat
e. Penokohan
dan amanat
45. 1. Membaca naskah drama, khususnya pada
tokoh yang akan diperankan secara berulang-ulang
2.
Tiap-tiap kata harus diucapkan dengan jelas
3.
Tekanan keras lembutnya pengucapan (tekanan dinamik)
4.
Berlatih memerankan tokoh
5.
Tekanan tinggi rendahnya pengucapan suatu kata dalam kalimat (tekanan tempo)
6.
Watak tokoh dalam drama terlihat dalam percakapan antar tokoh.
Berdasarkan
pernyataan di atas, hal yang perlu diperhatikan dalam memerankan drama adalah…
a. 2, 4, 1,
dan 6
b. 2, 3, 5,
dan 6
c. 1, 4, 3,
dan 2
d. 4, 6, 1,
dan 3
e. 3, 2, 4,
dan 1
46.
Berdasarkan cuplikan dialog soal nomor
43, situasi dalam drama tersebut adalah…
a. Suasana
hiruk-pikuk
b. Suasana
sedih
c. Suasana
hening
d. Suasana
gembira
e. Suasana
mengharukan
47. Orang tua : “Ya! Dan belum kau berdamai dengan dia. Kau
dan ayahmu selalu bertengkar, kedua-duanya sama keras hati. Sama keras kepala.
Kata-katanya yang penghabisan adalah untukmu, Nak. Ia menanyakan kau. Dan
kecewa ia bahwa kau tak ada pada saatnya yang terakhir di bumi. Mengapa,
mengapa kau tak mau datang, waktu kami kabarkan bahwa ayahmu sakit keras?
Lelaki : (tersedu)
“Maaf, maaf, Bu!”
Orang
tua : “Terlambat sesalmu itu. Tak bisa
diperbaiki lagi di dunia ini.” (Sejurus hening. Terdengar seduh sedan lelaki.)
Latar dalam
penggalan drama di atas adalah…
a. Suasana
hiruk-pikuk
b. Suasana
gembira
c. Suasana
pesta
d. Suasana
hening
e. Suasana
gaduh
48.
Anton : Aku perlu bantuanmu
untuk menyusun surat protes itu.
Rini : Kurasa tak ada guna kata protes.
Kita sudah kalah. Bagi kita, kepala sekolah kita bukan guru lagi. Bukan
pendidik. Ia berlagak penguasa.
Kardi : Itu tafsiranmu, Rin. Menurut dia,
tindakannya mendidik.
Anton : Mendidik, tetapi mendidik pemberontak.
Bukan mendidik anak-anaknya sendiri.
Kardi : Masa begitu?
Rini : Sudahlah. Kalau kalian menurut aku,
sebaiknya kita protes diam. Mau apa Pak Kepala Sekolah ini, kalau kita diam?
Tenaga inti masuk staf redaksi semua.
Anton : Bahaya?
Hal
yang menarik dalam penggalan drama di atas adalah…
a. Untuk
menyusun surat protes diperlukan kerja sama
b. Protes
tak ada gunanya jika pimpinan menanggapi dengan kaku
c. Untuk
menyelesaikan persoalan, perlu ada komunikasi
d. Melakukan
aksi protes dengan diam
e. Penilaian
dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda
49. Gadis : Aku tidak mengemis nyawa pada Tuan!
Van Dijk : Akan kita lihat nanti…
Hei kau,
Ibu! Siapkan dirimu!
Kini
giliranmu!
Ibu : Tidak! Tidak! Biarkan aku pulang.
Demi kemanusiaan, aku punya anak dua orang, masih kecil-kecil. Mereka terkunci.
Jika aku harus mati buat mereka, aku akan menerima dengan senang hati.
Situasi
yang terdapat dalam kutipan drama di atas adalah…
a. Menegangkan
b. Menyedihkan
c. Menakutkan
d. Menggembirakan
e. Mengharukan
50. Perhatikan dialog soal nomor 47.
Dialog
tokoh lelaki menggambarkan perilaku…
a. Marah
b. Malu
c. Gembira
d. Kesal
e. Menyesal
PERIKSA KEMBALI
Penulis Soal Bagus, Halim, Trion Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar